Halaman

Gerak Pertikel Bertabrakan - sumbu x - ActionScript 2.0 Flash

Saya ingin mencoba membuat program partikel bertabrakan
kira-kira seperti ini:
Huruf-huruf dianggap objek (movieclip)



Seperti ini programnya:

// fungsi gerak partikel
function gerak() {
this._x += this.dx;
this.xA = this._x-this.arah*this._width/2;
this.xB = this._x+this.arah*this._width/2;
}

// definisi awal dan mencari banyaknya partikel yang ada di layar (banyaknya movieclip "par")
nmax = 0;
do {
nmax++;
mc = this["par"+nmax];
} while (mc<>undefined);


// besar perpindahan dan menentukan arah

for (var i = 1; i<=nmax; i++) {
this["par"+i].besardx = Math.ceil(Math.random()*3)
this["par"+i].arah = -1+2*Math.floor(Math.random()*2)
}


// mengaktifkan gerak tiap partikel
for (var i = 1; i<=nmax; i++) {
this["par"+i].dx = this["par"+i].arah*this["par"+i].besardx;
this["par"+i].onEnterFrame = gerak;
}

// gerakan tiap partikel diaktifkan dengan onEnterFrame
this.onEnterFrame = function() {

for (var i = 1; i<=nmax; i++) {
for (var j = 1; j<=nmax; j++) {
mmc1 = this["par"+i];
mmc2 = this["par"+j];
if (i<>j) {
if (mmc1.xB>mmc2.xB && mmc1.xA<mmc2.xA && mmc1.arah<>mmc2.arah) {
SwapPropertiesA(mmc1,mmc2);
}

if (mmc1.xB>mmc2.xA && mmc1.xA<mmc2.xA && mmc1.arah == mmc2.arah && mmc1.besardx>mmc2.besardx) {
SwapPropertiesB(mmc1,mmc2);
}

if (mmc1.xB<mmc2.xA && mmc1.xA>mmc2.xA && mmc1.arah == mmc2.arah && mmc1.besardx>mmc2.besardx) {
SwapPropertiesB(mmc1,mmc2);
}

}
}
}
CekDinding()

};

function CekDinding() {
for (var i = 1; i<=nmax; i++) {
mcc1 = this["par"+i];
if(mcc1.xB>640){
DindingBx(mcc1)
}else if(mcc1.xB<0){
DindingAx(mcc1)
}
}

}

// dinding kiri
function DindingAx(mc1) {
nx = 0-mc1.xB;
mc1.arah = -mc1.arah;
mc1._x += nx;
mc1.dx = mc1.arah*mc1.besardx;
}

// dinding kanan
function DindingBx(mc1) {
nx = mc1.xB-Stage.width; // 640
mc1.arah = -mc1.arah;
mc1._x -= nx;
mc1.dx = mc1.arah*mc1.besardx;
}


// tumbukan tiap objek tipe 1
function SwapPropertiesA(mc1, mc2) {
// berlawanan arah
nx = mc1.xB-mc2.xB;

swapdx = mc1.besardx;
mc1.besardx = mc2.besardx;
mc2.besardx = swapdx;

swaparah = mc1.arah;
mc1.arah = mc2.arah;
mc2.arah = swaparah;

mc1._x -= nx;
mc2._x += nx;
mc1.dx = mc1.arah*mc1.besardx;
mc2.dx = mc2.arah*mc2.besardx;
}

// tumbukan tiap objek tipe 2
function SwapPropertiesB(mc1, mc2) {
// satu arah yang sama
nx = mc1.xB-mc2.xA;

swapdx = mc1.besardx;
mc1.besardx = mc2.besardx;
mc2.besardx = swapdx;

mc1._x -= nx;
mc2._x += nx;

mc1.dx = mc1.arah*mc1.besardx;
mc2.dx = mc2.arah*mc2.besardx;

}

Algoritma Luhn - untuk kartu kredit

def luhn_checksum(card_number):
    def digits_of(n):
        return [int(d) for d in str(n)]
    digits = digits_of(card_number)
    odd_digits = digits[-1::-2]
    even_digits = digits[-2::-2]
    checksum = 0
    checksum += sum(odd_digits)
    for d in even_digits:
        checksum += sum(digits_of(d*2))
    return checksum % 10
 
def is_luhn_valid(card_number):
    return luhn_checksum(card_number) == 0

sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Luhn_algorithm

Game buatan Galih Widosamodra

Game saya ini dibuat dengan html5 dan javascript.
Silahkan mencoba:

1. Kartun Japarr
2. Tebak Karya Galih

Memang cukup lama saat membuka game ini.
Saya masih mencari cara supaya lebih cepat dan enteng untuk di buka di browser.

Mohon kritik dan saran dari teman-teman. Thanks
Maklum, masih belajar ... :)